Thursday, February 09, 2006

Berkenalan Dengan Twisted

Beberapa malam lalu, saya akhirnya berhasil juga cobain Twisted. Proses instalasinya tidak sesulit yang saya perkirakan, gampang banget. Cuma kemaren-kemaren ada kesalahan, saya mendownload paket Twisted secara terpisah-pisah, dan ternyata ada paket yang dibutuhkan yang belum didownload. Jadi gak bisa dibuild dah.

Untunglah kemaren tahu triknya, ambil aja paket bernama TwistedSumo, paket itu udah komplit..plit..plit....Di dalamnya terdapat Twisted Core, Zope Interface, dan modul-modul Twisted lain (TwistedMail, TwistedConch, de el el). Versi terakhirnya saat saya menulis blog ini adalah 2.1.0.

Proses instalasinya juga gampang :

* bongkar tarball TwistedSumo
* terus instalasi Zope Interface
* instalasi Twisted
* instalasi modul python pendukung lainnya, misalnya kalo mau dukungan untuk SSH dan SSL, harus instalasi PyCrypto dan PyOpenSSL.

Saya udah membuat draft tulisan proses yang saya lakukan untuk menginstalasi Twisted ini. Cuma belum sempet dirapihkan dan ditambah-tambahin biar jadi banyak. :D

Framework jaringan Twisted menggunakan pendekatan pemrograman event-driven. Dalam pendekatan model ini, ada bagian program yang dipanggil dan bertugas bila ada sebuah event terjadi, biasanya bagian itu disebut handler. Event tersebut bisa berupa initial koneksi, koneksi gagal, dan semacamnya.

Dari baca buku Twisted Network Programming Essentials, terdapat beberapa class yang penting dalam Twisted yaitu : reactor (untuk menangani event loop), deferred (untuk menangani asynchronous stuffs), serta protocol (untuk menangani bila sudah terjadi koneksi alias untuk menangani pengiriman/penerimaan data).

Sekian dulu laporan dari saya, karena pelajaran saya baru sampai situ. See you. :D

No comments: